Senin, 27 September 2010

my photo


ini merupakan photo kenangan semasa menjadi taruna ami veteran makassar........

AMI VETERAN MAKASSAR..............


Electronic Chart Display and Information System (ECDIS)

Electronic Chart Display and Information System (ECDIS) adalah komputer berbasis sistem informasi navigasi yang sesuai dengan Organisasi Maritim Internasional (IMO) peraturan dan dapat digunakan sebagai alternatif kertas grafik navigasi. IMO mengacu pada sistem serupa tidak memenuhi peraturan sebagai Chart Electric Systems (ECS).
Sebuah sistem ECDIS menampilkan informasi dari navigasi elektronik grafik (enc) dan mengintegrasikan informasi posisi dari Global Positioning System (GPS) dan sensor navigasi, seperti radar dan sistem identifikasi otomatis (AIS). Itu mungkin juga menampilkan navigasi tambahan informasi terkait, seperti Pelayaran Arah dan fathometer.
Posisi terus-menerus ECDIS menyediakan dan pengumpulan informasi keselamatan. Sistem menghasilkan didengar dan / atau visual alarm ketika kapal dalam navigasi dekat dengan bahaya.

Bagan Elektronik Data

Ada dua jenis bagan elektronik data antara lain :

1. Vektor Grafik
Vektor grafik adalah tabel database untuk ECDIS, dengan standar isi, struktur dan format, yang dikeluarkan untuk digunakan dengan ECDIS pada kekuasaan pemerintah yang berwenang kantor hidrografi. ENCs adalah vektor grafik yang juga sesuai untuk Organisasi Hidrografik Internasional (IHO) spesifikasi dinyatakan dalam Publikasi Khusus S-57.
ENCs berisi semua informasi yang diperlukan untuk bagan aman navigasi, dan mungkin berisi informasi tambahan selain yang terdapat dalam kertas grafik (misalnya, Pelayaran Arah). Informasi tambahan ini dapat dianggap diperlukan untuk navigasi yang aman dan dapat ditampilkan bersama-sama sebagai bagan mulus. ENCs cerdas, dalam sistem yang menggunakannya dapat diprogram untuk memberikan peringatan tentang bahaya yang akan datang sehubungan dengan posisi kapal dan gerakan.

2. Raster Grafik
Navigasi raster raster grafik adalah grafik yang sesuai dengan spesifikasi IHO dan diproduksi dengan mengkonversi grafik kertas gambar digital oleh scanner. Gambar mirip dengan kamera digital gambar, yang dapat diperbesar dalam untuk informasi yang lebih terperinci seperti dalam ENCs. IHO Special Publication S-61 menyediakan pedoman untuk produksi data raster. IMO Resolusi MSC.86 peralatan ECDIS izin untuk beroperasi dalam Raster Chart Display System (RCD) dalam modus tidak adanya enc.
ECDIS (sebagaimana didefinisikan oleh IHO Publikasi Khusus S-52 dan S-57) adalah navigasi kelautan yang telah disetujui grafik dan sistem informasi, yang diterima sebagai sesuai dengan grafik kertas konvensional yang diperlukan oleh Peraturan V/20 dari tahun 1974 IMO SOLAS konvensi. persyaratan kinerja untuk ECDIS didefinisikan dalam oleh International Electrotechnical Commission (IEC) di Spesifikasi 61.174.

Standar kinerja grafik elektronik yang diadopsi pada tahun 1995, oleh resolusi A.817 (19)), yang diamandemen pada tahun 1996 oleh resolusi MSC.64 untuk mencerminkan pengaturan cadangan jika terjadi kegagalan ECDIS.
Perubahan tambahan dilakukan pada tahun 1998 oleh resolusi MSC 86 (70) untuk memungkinkan operasi ECDIS di RCD (raster grafik) mode.
IMO’s Maritime Safety Committee (MSC), pada sesi yang 73 dari 27 November - 6 Desember 2000 mengadopsi revisi Bab V (Safety of Navigation) dari SOLAS yang masuk mulai berlaku pada tanggal 1 Juli 2002.
Peraturan baru 19 dari Bab V - Carriage shipborne persyaratan untuk sistem navigasi dan peralatan yang memungkinkan tampilan grafik elektronik dan sistem informasi (ECDIS) untuk diterima sebagai kereta bagan memenuhi persyaratan peraturan.
Peraturan mengharuskan semua kapal, terlepas dari ukuran, untuk membawa bahari bahari grafik dan publikasi untuk merencanakan dan menampilkan rute kapal pelayaran yang dimaksud dan untuk merencanakan dan memantau posisi seluruh pelayaran. Tapi kapal juga harus membawa kembali ke pengaturan jika grafik elektronik digunakan baik secara penuh atau sebagian.
Standar kinerja grafik elektronik yang diadopsi pada tahun 1995, oleh resolusi A.817 yang diamandemen pada tahun 1996 oleh resolusi MSC.64 untuk mencerminkan pengaturan cadangan jika terjadi kegagalan ECDIS. Perubahan tambahan dilakukan pada tahun 1998 oleh resolusi MSC 86 untuk memungkinkan operasi ECDIS dalam modus RCD.
Raster bagan standar kinerja
MSC, selama 70 sesi 7-11 Desember 1998, mengadopsi standar kinerja untuk Raster Chart Display System, melalui amandemen ke standar kinerja untuk menampilkan grafik elektronik dan sistem informasi (ECDIS), untuk memungkinkan sistem untuk digunakan dengan raster vektor grafik di mana sistem bagan elektronik tidak tersedia.

· Sebuah grafik raster pada dasarnya hanya visual scan kertas grafik. Ini adalah sistem berbasis komputer yang menggunakan grafik yang dikeluarkan oleh, atau berada di bawah kekuasaan, kantor hidrografi nasional, bersama-sama dengan elektronik yang terus-menerus otomatis posisi, untuk menyediakan alat navigasi terpadu.

· Sebuah grafik vektor lebih kompleks. Setiap titik pada bagan secara digital dipetakan, sehingga informasi yang akan digunakan dalam cara yang lebih canggih, seperti mengklik pada sebuah fitur (misalnya, sebuah mercusuar) untuk mendapatkan rincian semua fitur yang ditampilkan.
Standar internasional untuk grafik vektor telah dirampungkan oleh Organisasi Hidrografik Internasional (S-57, Versi 3), dan IMO mengadopsi standar kinerja untuk ECDIS, menggunakan grafik vektor, pada tahun 1995 oleh Majelis Resolution A.817 (19).
Amandemen Resolution A.817 (19) menyatakan bahwa beberapa peralatan ECDIS dapat beroperasi dalam Raster Chart Display System (RCD) modus bila tabel yang relevan informasi ini tidak tersedia dalam modus vektor.
Amandemen ke ECDIS standar kinerja yang menunjukkan kinerja yang standar untuk grafik vektor berlaku untuk raster grafik, dan menambahkan spesifikasi khusus untuk raster grafik, yang mencakup aspek-aspek sebagai persyaratan tampilan, alarm dan indikator, penyediaan dan meng-update informasi grafik dan perencanaan rute. Amandemen menyatakan bahwa apabila digunakan dalam modus RCD, ECDIS peralatan harus digunakan bersama dengan folio yang tepat up-to-date kertas grafik.
MSC selama 70 sessionalso menyetujui Edaran Keselamatan Navigasi pada Chart Raster Perbedaan antara sistem Tampilan (RCD) dan Electronic Chart Display dan Sistem Informasi (ECDIS).
Hidrografi data dan grafik
Semua kapal diharuskan untuk membawa “memadai dan up-to-date chart” di bawah SOLAS Bab V (Peraturan 20) untuk membantu dalam navigasi.

Saat ini, International Convention for the Safety of Life at Sea (SOLAS) tidak menentukan tanggung jawab Pemerintah untuk menghasilkan grafik, tetapi pada tahun 1983, IMO mengadopsi Resolusi merujuk pada pentingnya penyediaan akurat dan up-to-date informasi hidrografi untuk keselamatan navigasi dan fakta bahwa banyak daerah yang belum disurvei standar modern.
Resolusi diundang Pemerintah untuk melakukan survei hidrografi dan bekerja sama dengan Pemerintah lain bila diperlukan. Hal ini diikuti pada tahun 1985 oleh Resolusi IMO Anggota mendesak Pemerintah untuk membentuk komisi hidrografi daerah atau kelompok dan untuk memetakan kelompok-kelompok pendukung telah ditetapkan oleh Organisasi Hidrografik Internasional (IHO) untuk menyiapkan grafik yang akurat.
Resolusi diadopsi setelah perwakilan dari IHO, yang telah memberitahu IMO dari ketidakcukupan grafik bahari banyak wilayah laut sebagai akibat ketergantungan pada survei hidrografi tua dan mencatat bahwa, dalam rangka untuk mengembangkan up to date grafik untuk daerah-daerah ini, substansial kerjasama teknis akan diperlukan antara maju dan berkembang di negara-negara pesisir dasar regional.

Dalam revisi bab V dari SOLAS, berlakunya tahun 2002, Peraturan layanan Hidrografik 9 menyatakan:

1. Kontraktor Pemerintah melakukan untuk mengatur pengumpulan dan penyusunan data hidrografi dan publikasi, penyebaran dan tetap up to date dari semua bahari informasi yang diperlukan untuk navigasi yang aman.

2. Secara khusus, pihak Pemerintah melakukan untuk bekerja sama dalam melaksanakan, sejauh mungkin, berikut hidrografi bahari dan jasa, dengan cara yang paling cocok untuk tujuan membantu navigasi: .1 untuk memastikan bahwa survei hidrografi dilaksanakan, sebagai sejauh mungkin, cukup untuk memenuhi persyaratan aman navigasi; ,2 untuk mempersiapkan dan menerbitkan bahari bagan, berlayar arah, daftar lampu, pasang meja dan bahari lainnya publikasi, di mana berlaku, memuaskan kebutuhan aman navigasi; ,3 untuk menyebarkan pemberitahuan untuk pelaut agar grafik dan publikasi bahari disimpan, sejauh mungkin, up to date, dan untuk menyediakan data ,4 pengaturan manajemen untuk mendukung layanan ini.

3. Pemerintah melakukan kontrak untuk menjamin keseragaman mungkin terbesar dalam grafik dan bahari publikasi dan untuk memperhitungkan, bilamana mungkin, resolusi internasional yang relevan dan rekomendasi. (mengacu pada resolusi yang sesuai dan rekomendasi yang diadopsi oleh Organisasi Hidrografik Internasional.

4. Kontraktor Pemerintah untuk melakukan koordinasi kegiatan-kegiatan mereka ke tingkat kemungkinan terbesar untuk memastikan bahwa informasi hidrografi dan kelautan yang tersedia pada skala seluruh dunia sebagai tepat waktu, andal, dan jelas mungkin.

ECDIS is a system that is able to display electronic chart information with automatic position updates that has built in redundancy.ECDIS menampilkan informasi digital grafik bersama-sama dengan posisi kapal dan program dan membutuhkan redundansi. It is the legal equivalent of a paper chart. Ini adalah hukum setara kertas grafik.
Risks result from overreliances in the system of ECDIS Systems.
Resiko hasil dari overreliances dalam sistem ECDIS Sistem. The collected information gives a first overview of: Informasi yang dikumpulkan memberikan gambaran pertama:

  • legals, rules, regulations and standards, legals, aturan, peraturan dan standar,
  • basics of chart datum, dasar-dasar datum grafik,
  • differences between raster- and vector presentation, perbedaan antara presentasi dan raster-vektor,
  • production, updating and distribution of vector charts, produksi, memperbarui dan distribusi grafik vektor,
  • information, which is not yet (2010) available in ECDIS. informasi, yang belum (2010) tersedia dalam ECDIS. .

Discussions on ECDISEven the most experienced and well-trained navigator can make a mistake when forced to handle to much information at the same time.Bahkan yang paling berpengalaman dan terlatih navigator dapat membuat kesalahan ketika dipaksa untuk menangani banyak informasi pada saat yang sama.

The mariner has to be be shown what is available to him and he has to have effective control over selecting what appears on the "prime Display", and this control has to be standardised for all ships' bridges.pelaut itu harus ditampilkan apa yang tersedia untuk dia dan dia harus memiliki kendali efektif atas memilih apa yang muncul pada "Tampilan" prima, dan kontrol ini harus standar untuk jembatan semua kapal '.

You can argue that the crewmember should have had sufficient proficiency in ECDIS but what saves lives isn't what people should know, it's what they do know.Anda dapat berpendapat bahwa anggota kru harus memiliki kemampuan yang cukup dalam ECDIS tapi apa yang menyelamatkan hidup bukanlah apa yang masyarakat harus tahu, apa yang mereka ketahui. (adapted from an American Marine Incident Investigation) (Diadaptasi dari Amerika Kelautan Investigasi Insiden)

This page is member of the International Maritime Ring Penggunaan ECDIS, RCDS dan ENC

Berdasarkan draft aturan yang dipersiapkan oleh Sub Committee on Safety of Navigation IMO ( International Maritime Organization) dalam sidangnya yang ke 54 tanggal 30 Juni – 4 July 2008 telah disulkan penggunaan ECDIS ( Electronic Chart Display and Information System ),dan pada siding IMO yang ke 85 antara November-Desember 2008 telah disetujui penggunaan peralatan ECDIS dan diharapkan pada bulan Mei 2009 akan segera diumumkan oleh Marine Safety Committee ( MSC ) IMO . Draft aturan ini nantinya akan merupakan amandemen dari peraturan yang ada yaitu SOLAS Bab V/19 tentang Safety of Navigation. Dan jika peraturan ini nantinya diberlakukan maka semua kapal-kapal yang berlayar internasional sudah harus menggunakan alat ini . Pemberlakuan terhadap penggunaan alat ini yang paling dahulu adalah kapal.

Walaupun keharusan penggunaan alat ini masih lama,namun hampir sebahagian besar armada kapal-kapal terutama tanker internasional sudah dilengkapi dengan alat ini dan bahkan beberapa institusi pendidikan dari negara-negara yang armada kapalnya cukup potensial sudah memulai pendidikan untuk akrab menggunakan alat ini,seperti misalnya Australia,Inggris,Jepang dan Singapore. Malaysia sendiri akan segera memulai memasukkan mata pelajaran ini dalam curriculumnya,walaupun dalam prakteknya hampir semua kapal-kapal Malaysia sudah dilengkapi dengan alat ini, sehingga para Perwira dan Taruna yang praktek diatas kapal sudah lebih dulu akrab dengan pengunaan alat ini walaupun di sekolah belum diajarkan.

Sebenarnya ada peralatan lain yang fungsinya sama yang disebut ECS ( Electronic Chart System) yang dapat juga digunakan untuk bernavigasi,namun tidak memenuhi criteria persyaratan tang diminta oleh IMO,walaupun memenuhi persyaratan ISO.
Peralatan lain yang digunakan bersamaan dengan ECDIS adalah ENC ( Electronic Navigational Charts ). ENC ini sebenarnya merupakan suatu Data Base yang distandardisasikan baik mengenai muatan,struktur dan formatnya disesuaikan untuk digunakan bersama ECDIS namun harus ada persetujuan dari IHO ( International Hydrographic Office).
Demikian juga halnya dengan RCDS ( Raster Chart Display System ),yang fungsinya hampir sama dengan ECDIS dan bahkan juga telah disetujui oleh IMO dan IHO,namun perbedaannya hanya sedikit,yaitu ECDIS dilengkapi dengan alarm yang langsung berhubungan dengan peta yang digunakan apabila misalnya posisi atau haluan yang digunakan tidak tepat . Sedangkan RCDS atau RNC dilengkapi dengan kertas peta ( Chart paper ) yang tidak dipunyai oleh ECDIS, dimana ECDIS sendiri hanya menggunakan tampilan yang hampir sama dengan peta. Spesifikasi dan kegunaan dari kedua jenis tersebut diatas hampir sama .

Manfaat penggunaan ECDIS

Manfaat yang diperoleh dalam penggunaan ECDIS adalah sebagai berkut :

  • Lebih mudah menyusun perencanaan pelayaran ( voyage planning )
  • Lebih mudah dalam mengkoreksi peta
  • Dapat memantau terus menerus dalam laut serta lekuk-lekuk dasar kedalaman laut
  • Tersedianya informasi yang cepat pada waktu mendekati pelabuhan yang sibuk sekalipun demikian juga dengan daerah navigasi lainnya yang baru.

Adapun kelemahannya yang perlu diwaspadai (termasuk kelemahan si pengguna)

  • Banyaknya informasi di layar yang perlu dicermati yang kadang bisa mengganggu,demikian juga sub-menu yang tersedia mungkin agak rumit.
  • Ukuran peta yang ditampilkan di layer kemungkin lebih kecil dari aaslinya
  • Beberapa symbol yang ada kadang-kadang salah dinterpretasikan karena belum dikuasai
  • Hasil dari plotting otomatis sering tidak memuaskan.

Karena penggunaan alat ini dalam waktu dekat mungkin akan diberlakukan hendaknya para Nakhoda, Perwira, Taruna dan bahkan Port State Control Officer sudah harus mempersiapkan diri dengan pengetahuan tentang alat ini dari sekarang, dan bukan itu saja karena hamper semua kapal-kapal milik perusahaan – perusahaan terkenal di dunia sudah menggunakan alat ini,sehingga nantinya jika para Nakhoda dan Perwira Indonesia jika di recruit atau ditempatkan di kapal-kapal milik perusahaan tersebut sudah mampu mengoperasikan alat ini. IMO mengacu pada sistem serupa tidak memenuhi peraturan sebagai Chart Electric Systems (ECS). Sebuah sistem ECDIS menampilkan informasi dari navigasi elektronik grafik (enc) dan mengintegrasikan informasi posisi dari Global Positioning System (GPS) dan sensor navigasi, seperti radar dan sistem identifikasi otomatis (AIS). Itu mungkin juga menampilkan navigasi tambahan informasi terkait, seperti Pelayaran Arah dan fathometer.

ECDIS menampilkan posisi terus-menerus menyediakan keselamatan dan pengumpulan informasi. Sistem menghasilkan didengar dan / atau visual alarm ketika kapal berada di dekat dengan bahaya navigasi

Fitur Utama

· Navigasi yang aman dan Mudah dalam Pengoperasian
Menyediakan semua informasi yang Anda butuhkan, melalui user-friendly dan intuitif sistem menu.

· Sistem Informasi dan Decision Support
Sebuah arus informasi terus-menerus untuk presentasi penting dan paling diperlukan informasi navigasi dan objek.

· Pilihan dan Kustomisasi
Baru dan pilihan praktis sistem memungkinkan kustomisasi, termasuk beberapa modus operasi dengan grafik dalam hingga 7 format yang berbeda.

· Sensor Integrasi
Menghubungkan semua data yang tersedia onboard navigasi sensor dan sistem, seperti: dua sistem penentuan posisi, giro, log, dua ARPAs, AIS, echo sounder, autopilot, navtex dan banyak lagi. Termasuk Forecasting Perencanaan dan tools canggih untuk Bagian perencanaan, cuaca routing dan perhitungan, dan lingkungan dan arus pasang database. Ramalan cuaca, dengan cuaca SPO opsional dan alat perencanaan rute, ini terintegrasi dengan NS 4000.

· Menyimpan
Efek langsung pada konsumsi bahan bakar, perjalanan kali & waktu kerja.

Prosedur :

· Nyalakan komputer

· Pilih program ECDIS

· Pilih rute perencanaan

· Pilih rute baru membuat nama-cara membuat titik-show

· Cari cara titik posisi (lintang dan bujur)

· Simpan

Cara membuat Route di Lab ECDIS :

· New ( buat nama pelayaran / dari mana kemana )

· Buat way point dari Jakarta ke Bekhauni

· Gunakan scroll pada mouse untuk zoom in / out

· Save

· Kita dapat melihat hasilnya dengan cara klik ‘show’

· Kita juga dapat melihat dengan klik ‘print’ untuk hasil dalam bentuk print/kertas

· Way point dapat dilihat dengan lintang dan bujur dari sebelah kanan bawah peta / dengan GPS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar