Selasa, 23 Maret 2010

Untitled

1. Kompressor :

untuk menghisap gas bahan pendingin tekanan rendah dari evaporasi dan menekannya kekatup exspansi melalui kondensor dengan tekanan tinggi.

 

2. Kondensor :

untuk mengembunkan uap menjadi cair dengan cara mengalirkan kedalam pipa pendingin air laut,sehingga air laut yg dingin menyerahkan dinginnya keuap atau uap menyerap dingin dari air laut.

 

3. Evaporator :

 untuk menyerap panas dari ruang pendingin agar lebih lama,sehingga efek penguapan gas lebih efektif,dengan demikian bahan2 makanan yg ditempatkan diruang tersebut lebih awet/tidak mudah busuk

 

4. Receiver

untuk pengumpul cairan bahan pendingin, sebelum dialirkan kedalam sistem

 

5. solenoid valve

 untuk dapat menutup atau membuka berdasarkan suhu (thermostat) atau tekanan (presosstat).

 

6. Expantion valve :

untuk mengatur jumlah bahan pendingin yg mengalir menuju evaporator.

 

7. Apa pengertian kisar  baling-baling,

Bila kisar sebuah baling-baling = H mtr

Berarti dlm satu putaran baling –baling secara teoritis kpl akan bergerak sejauh H mtr. Jk juml putaran 1 mnt adalah n kali Mk  akan bergeser n x H x 60 mtr/jam

 

8. kecepatan baling-baling, kecepatan

   Kec. Theoritis memusat gerakan baling Baling.   60.n.H  …. Mtr / jam pendorong dan kecepatan nyata  :

     *Kec.Pendorong :

       kec. Kapal krn kekuatan reaksi dr tolak

       an air kebelakang terhadap air yg diam.

       = V x  1825 mtr / jam.

     *Kec.Nyata  :

       Kec. Sesungguhnya  adalah

       Kecepatan kapal terhadap air yg ber-

       gerak karena arus pengikut.

     *Kec.Pendorong :

       kec. Kapal krn kekuatan reaksi dr tolak

       an air kebelakang terhadap air yg diam.

       = V x  1825 mtr / jam.

     *Kec.Nyata  :

       Kec. Sesungguhnya  adalah

       Kecepatan kapal terhadap air yg ber-

       gerak karena arus pengikut.

 

9. Compressor adalah :

Untuk menghisap gas bahan pendingin tekanan rendah dari evaporator dan menekan kekatup  expansi melalui kondensor dgn tekanan tinggi.

 

10. Kondensor adalah :

Untuk mengembungkan gas menjadi cair dgn cara mengalirkan  kedalam pipa 2 pendingin air laut, sehigga air laut yg dingin menyerahkan dinginnya ke gas atau gas menyerap dingin dari air laut

 

 

 

 

11. Katup Expansi fungsinya

Untuk mengatur jumlah bahan pendingin yg mengalir  menuju evaporator sekaligus menu- runkan tekanan bahan pendingin dari tekanan di dlm kondensor menjadi tekanan di dlm evaporator.

 

12. Coil Evaporator adalah coil

pipa yg di bengkokkan berulang-ulang tujuannya agar penyerapan panas dari ruang pendingin lebih lama dibandingkan bila pipa tidak di bengkokkan berkali2 sehingga efek penguapan lebih efektif.

 

13. Fungsi mesin kemudi dikpl

Untuk membangkitkan tekanan shg mampu utk mendorong Plunyer silinder kemudi.

Persyaratan  yg hrs dipenuhi.

Jawab:

-Waktu cikar kanan / kiri 20 detik

-Maksimum cikar kiri/kanan tdk lebih dari 35 derajat

 

14. Untuk mempersiapkan kapal manouver keberangkatan diprlukan waktu untuk mempersiapkannya. Mengenai  apa saja yg harus dipersiapkan dan jelaskan juga pesawat2 apa saja yg harus dijalankan/dipersiapkan ?

    -   Cocokkan jam dgn anjungan

    -   Test telegraph, test kemudi

    -   Menyiapkan boiler utk pemanas FO

    -   Menyiapkan compressor utk start main engine

    -   Menyiapkan aliran listrik ke winch

 

15. Uraikan fungsi dari oily water separator (bilge water separator)

Sebagai tabung pemisah antara air got dan minyak (kotoran dlm air got)

16. Harap dijelaskan secara singkat prinsip kerja dari OWS tsb

    -   Air got dihisap oleh bilge pompa H diteruskan ke bilge separator A stage 1 (yg bercampur dgn sludge oil)

    -   Grafity disc. yg berada dlm bilge separator A yg berputar sentrifugal oleh motor penggerak dari motor listrik. Yg mengakibatkan memisahkan bagian yg berat dgn yg ringan krn pengaruh berat jenis antara air got dan minyak kotor, minyak kotor terlempar ke bagian atas sementara yg berat terlempar ke bagian bawah.

    -   Minyak kotor tsb akan mengirim sinyal ke control unit yg mengakibatkan selonoid valve E bekerja, membuka membrane piston valve D.

    -   Sehingga minyak kotor masuk ke sludge oil tank F, sedang air got masuk ke coaliser (stage 2) B. ke filter G naik ke atas ke sisi kanan, membalik turun ke bawah lewat filter G ke sisi kiri.

    -   Konsentrasi air laut dpt dimonitor di OPM (Oil Pollution Monitor) bila konsentrasi menunjuk 15 PPM maka air laut boleh langsung dibuang ke laut namun bila lebih dr 15 PPM maka ke dalam sisitem coaliser secara flushing dgn harapan menurunkan nilai PPM tsb hingga normal utk dibuang

    -   Minyak kotor tsb ditampung di sludge oil tank F selanjutnya dibakar di Incinerator sehingga minyak terbakar menjadi gas, minyak kotor tsb tdk dibolehkan dibuang ke laut krn akan menimbulkan pencemaran laut, lingkungan.

 

 

 

 

Blogged with the Flock Browser

Tidak ada komentar:

Posting Komentar